HANZALAH DIMANDIKAN MALAIKAT

Diantara pahlawan perang uhud yg bertempur tanpa mengenal takut adalah hanzhalah bin abu amir. Ayahnya seorang fasik. Hanzalah belum lama melangsungkan pernikahan saat gemuruh pertempuran dikumandangkan. Saat itu dia masih berada dalam pelukan istrinya.

Setelah mendengar seruan jihad, dia lalu melepaskan diri dari pelukan istri. Bertempur dengan gagah berani , Hanzalah berada dibarisan paling depan. Dia menyibak barisan hingga dpt berhadapan dengan komandan pasukan musuh Abu Sufyan bin Harb. Sebenarnya dia sudah dapat menundukan Abu Sufyan namun dia ditikam dari belakang oleh Shadad bin Al Aswad hingga hanzalah meninggal.

Setelah peperangan usai mayat hanzalah dicari kesana kemari. Akhirnya ditemukan dlm keadaan tubuhnya berada diatas tanah yang masih basah padahal tanah disekitar nya kering dan tidak ada hujan.
Rasulullah bersabda hanzalah sedang dimandikan malaikat, tanyakan keluarganya ada apa dengandirinya.Setelah bertanya pada istrinya tahulah para sahabat jikalau hanzalah masih dalam keadaan junub saat berangkat perang.
Hanzalah dijuluki sebagai ghasilul malaikat(orang yang dimandikan malaikat)