KELEDAI ORANG BADUI SEBAGAI OBAT LAPAR ...

Adalah sahabat Rasulullah bernama Nu'aiman yg seringkali berperilaku jahil kepada Rasulnya. Suatu ketika datang seorang badui masuk ke mesjid hendak menemui Rasulullah. Orang badui tersebut mengendarai seekor keledai. Setelah "memarkirkan" tunggangannya, orang tsb masuk ke mesjid dimana Rasulullah sedang berkumpul bersama para sahabat.

Nu'aiman berada dipelataran masjid saat orang badui itu datang. Bersama temannya dia punya ide nakal. "Bagaimana klo kita sembelih keledai ini teman?" kata nu'aiman pada temannya. Temannya mengangguk tanda setuju." Aku pun lapar nih, biar si badui itu urusan rasulullah saja." Ide nakal merekapun terlaksana, mereka menyembelih dan memakan keledai tsb.

Begitu mengetahui keledainya hilang, orang badui tersebut meminta pertanggung jawaban Rasulullah sebagai pemimpin di madinah. Setelah Rasul bertanya2 kepada sahabat yang lain siapa gerangan yang melakukan ini semua, sahabat menunjuk ke nama Nu'aiman. Akhirnya Rasul menggantikan keledai yang disembelih Nu'aiman.

Dicari kemana mana akhirnya Rasul mendapat informasi bahwa Nu'aiman sedang bersembunyi di rumah Dhuba'ah binti Zubair. Setelah mengetuk pintu, Dhuba'ah keluar. "Adakah kamu melihat Nu'aiman disini?" tanya rasulullah. Dhuba'ah memberi kode kepada rasulullah dengan mengernyitkan matanya. "Nu'aiman tidak ada disini yang mulia" kata Dhuba'ah sambil menunjuk kearah dimana nu'aiman bersembunyi.

"Bilang pada Nu'aiman , akan saya sembelih dia" kata Rasulullah sambil mendekat ke persembunyian Nu'aiman. Nu'aiman nyengir ketakutan. Diapun keluar dari persembunyiannya. Rasul menjewer kuping Nu'aiman."Siapa yang menyuruhmu menyembelih keledai tamuku, hai Nu'aiman?" tanya Rasul.

Nu'aiman merasa dikerjai Dhuba'ah, dia berkata "aku disuruh dia ya rasul" sambil menunjuk ke arah Dhuba'ah. "kamu masih mau ngeles lagi.." kata Rasul sambil tersenyum dan menggeleng gelengkan kepala...
Aya aya wae...